Sabtu, 26 Januari 2013

Harley Davidson VRSCA V-ROD

Suasana sejuk dan asri di Rancamaya, Ciawi, Jawa Barat menyambut kedatangan rombongan wartawan yang akan melakukan test ride HD V-Rod versi 2002 pada Jumat .1 November lalu. Kesejukan itu dikarenakan waktu masih menunjukkan pukul 09.30W18. Usai shalat Jumat dan makan siang, test ridepun dilakukan di tengah teriknya sinar matahari siang bolong. Motor yang disediakan selain HD V-Rod 2002, juga HD Fatboy 2002. Sedangkan 2unit HD  V-Rod 2003 yang merupakan HD 100th Anniversary hanya untuk difoto, karena antara HD V-Rod 2002 dengan 2003 hanya sedikit perbedaannya. Adapun perbedaan hanya pada engine medallion, model nameplate, 100th gold striping, tank emblem, derby cover, clutch cover, dan seat emblem.

Selain itu, warna untuk 2002 hanya anodized aluminum, sedang untuk HD V-Rod 2003 disamping warna anodized aluminum juga terdapat warna two tone sterling silver dan vivid black. Rencananya pengetesan dilakukan di Lido, Jawa Barat. Namun karena di sana jalannya cone block, maka lokasi pengetesan pindah ke Rancamaya. Di sini pun ada kendala polisi tidur, walau jalan hot mix-nya mulus. Saat rute pengetesan, kami menemukan  beberapa polisi tidur yang cukup mengganggu lajunya HD V-Rod 2002 ini ketika digeber di jalan lurus. Tenaga yang dihasilkan cukup responsif, gigi 1 mampu dipacu hingga 70km, baru ganti ke gigi 2. Ketika akan masuk ke gigi 3 jalannya sudah tidak cukup.

Namun bagi pengendara yang memiliki kaki kurang panjang akan mengalami kesulitan, sebab posisi pedal rem dan gigi lebih ke depan dibanding HD konvensional-seperti Fatboy atau Heritage Soltail. Dengan berbasiskan atau mengadopsi mesin VRl000 yang biasa digunakan untuk superbike, kehadiran V-Rod memakan waktu hingga 5tahun untuk menghasilkan disain futuristik seperti ini. Dikembangkan sejak Mei 1995 sebagai secret project dengan label P4, akhirnya pada Agustus 1996 ladilah prototipe l. Pada akhir 1996  Team Powertrain Engineering HarleyDavidson menghubungi Porsche Engineering di Stuttgart untuk lebih menyempurnakan mesin revolution ini. Pengertian HD VRSCA V-Rod, adalah V karena bermesin V Twin, R: Racing Heritage, S: Sport, C: Costum, A: Alpha, Rod: Hotrod. Sayangnya pada pukul 16.00W1B, ketika uji coba yang dilakukan belum selesai, mendung dan gerimis sudah datang bersusulan. Yang unik dari motor ini, tangki bensin posisinya ada di bawah jok dengan kapasitas kurang lebih '14 liter. Dan sebaliknya, yang tampak seperti tangki bensin adalah aliran udara mesin dan radiator.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar